6 Tips Merawat Sofa Kulit agar Tetap Awet dan Selalu Tampak Baru | Antigores, Antikusam!

Jangan sampai sofa kulit milikmu jadi kusam dan bergores!

Siapa pun pasti setuju kalau sofa berbahan kulit menghasilkan kesan yang mewah dan elegan. Tak hanya dari segi kualitas, tampilan menawan dari sofa kulit juga dipengaruhi oleh cara merawatnya.

Yap, bahan kulit memang butuh perhatian khusus, nih, dalam perawatannya. Agar tetap cantik dan awet, yuk, ketahui 6 tips merawat sofa kulit berikut!

Jenis Bahan Kulit untuk Sofa

Sebelum kita membahas cara merawatnya, ada baiknya pahami dulu jenis-jenis bahan kulit. Dari beberapa bahan di bawah ini yang manakah jenis kulit sofamu?

1. Bahan kulit terlindungi atau finished leather

Sofa dengan bahan finished leather sudah pasti lebih awet karena tak berpori. Permukaannya sendiri sudah terlindungi oleh lapisan pelindung polimer dan pigmen yang tebal.

Jenis bahan kulit ini biasanya juga disebut sebagai anniline plus pigment, semainniline, atau pigmented leather. Selain itu jenis kulit ini juga memiliki warna yang beragam dan tampak lebih mewah.

2. Bahan kulit tak terlindungi atau unfinished leather

Jenis bahan kulit yang satu ini biasanya disebut dengan anniline. Jika kamu mencari sofa dengan bahan kulit hewan murni yang tak tersentuh finishing, inilah jenisnya!

Harganya yang mahal pun sebanding dengan material lembutnya nan mewah. Namun, unfinished leather cenderung lebih sensitif karena tanpa pelindung apa pun di permukaannya.

3. Bahan kulit imitasi

Jenis bahan kulit selanjutnya adalah imitasi atau sintetis. Biasanya, sih, bahan ini cenderung lebih kaku dan tebal dibanding yang lainnya.

Salah satu bahan sintetis yang populer adalah bahan oscar. Bahannya yang awet dan kuat membuatnya kerap jadi pilihan ideal untuk pelapis sofa kulit imitasi.

Cara Tepat Merawat Sofa Berbahan Kulit

Masing-masing jenis bahan kulit di atas ternyata perlu perawatan yang kurang lebih sama. Sekarang, saatnya terapkan 6 tips merawat sofa kulit berikut ini!

1. Segera membersihkan noda

Tips merawat sofa kulit yang pertama adalah segera menanganinya jika ada noda, kotoran, ataupun cairan yang tumpah ke atas permukaannya. Jika dibiarkan terlalu lama, maka nodanya akan menempel dan sulit dihilangkan.

Namun, cara membersihkannya jangan digosok, ya! Cukup tempelkan atau tap-tap pada bagian yang terkena noda.

2. Jangan asal pilih kain pembersih

Nah, untuk membersihkannya pun jangan menggunakan kain yang kurang menyerap. Bukannya cairan hilang, tuh, bisa-bisa nodanya malah akan tersebar ke bagian lainnya,

Cara mengelap noda terbaik, yakni dengan jenis kain yang mudah menyerap atau sejenis kertas pengisap. Dengan begitu nodanya akan terserap oleh kain tersebut dan nggak akan mengotori bagian lainnya

3. Hindari membersihkan dengan detergen

Ingat, jangan pernah membersihkan sofa kulit dengan detergen, lho! Bahan kimianya hanya akan merusak dan meninggalkan spot gelap pada permukaan kulit.

Alternatifnya, nih, gunakanlah vacuum cleaner untuk membersihkannya secara rutin. Tak hanya membuat sofa kulit awet, tapi juga menjaga agar warnanya tetap cerah dan kinclong.

4. Jangan terpapar sinar matahari

Tips merawat sofa kulit selanjutnya adalah menghindarinya dari paparan sinar matahari atau panas. Jadi, jangan letakkan di dekat jendela, teras rumah, atau dekat perapian.

Sebab, paparan panas dapat mengakibatkan kerutan dan kering pada tekstur kulit. Selain itu, warna asli sofa kulit pun dapat memudar jika terlalu lama terpapar panas.

5. Hindari dari benda tajam

Hindarilah sofa kulit dari benda-benda tajam agar permukaannya tetap terjaga. Pasalnya, bahan kulit amat rentan terhadap benda tajam sehingga goresan mudah terlihat atau bahkan sobek!

Goresan pada sofa kulit pun sulit untuk dihilangkan, lho! Tipsnya, nih, kamu bisa melapisi permukaan sofa dengan pelindung seperti gambar di atas.

Kamu juga bisa menata selimut mini di sebagian sofa untuk meminimalkan goresan. Atau, kamu juga bisa menggunakan kain dekorasi seperti gambar di atas.

Selain permukaannya terjaga, sofamu juga akan tampak estetik dan cozy dengan sentuhan kain!

6. Menggunakan lotion kulit

Nah, tips merawat sofa kulit yang terakhir adalah menggunakan lotion atau cairan pembersih khusus setidaknya tiga bulan sekali.


Itulah 5 tips merawat furnitur kulit yang bisa kamu terapkan. Tak hanya furnitur kulit saja, perabotan berbahan apa pun tentunya harus tetap kita rawat agar senantiasa awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *