Tips Membersihkan Sofa Agar Bebas Bakteri dan Debu

Jika Anda memutuskan untuk memiliki sofa di dalam rumah Anda, berarti Anda sudah siap dengan perawatannnya. Berbeda dengan tempat duduk lainnya, sofa memiliki bahan yang berbeda-beda. Ada dari kulit sintesis, kain, atau serat seperti bulu. Dengan demikian pastinya perawatannya pun berbeda.

Sofa memiliki sifat yang sama dengan karpet (jika bahannya bulu atau serat yang padat), yakni mengumpulkan debu dan bakteri. Jika Anda kurang memperhatikan kebersihannya, alih-alih si kecil atau anggota keluarga lainnya yang memiliki alergi debu, akan terjangkit penyakit. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara membersihkan sofa di rumah sehingga terhindar dari bakteri dan debu. Untuk itu, berikut kami sajikan berbagai jenis sofa dan cara perawatannya. Simak ulasannya.

Sofa Kain

Sofa ini banyak dipilih oleh konsumen, karena dari perawatannya lebih mudah dibanding sofa dengan berbahan kulit.  Anda dapat membersihkannya setiap pagi hari supaya debu yang menempel pada sofa tidak terlalu banyak menempel yang menyebabkan sofa terlihat lebih kusam. Langkah pertama adalah Anda dapat menggunakan lap, kemoceng, ataupun penyedot debu yang berguna untuk membersihkan debu di bagian-bagian tidak terlihat dan tidak terjangkau. Kemudian langkah kedua adalah apabila di sofa Anda terdapat bercak dan noda yang sulit hilang, maka sebaiknya menggunakan tisu basah atau lap microfiber yang sedikit dibasahi dengan air ataupun tetesan cuka.

Selanjtnya Anda dapat melarutkan detergen dan kemudian membasahi kain microfiber dan kemudian diperas. Kemudian Anda dapat membersihkan seluruh bagian permukaan sofa menggunakan kain tersebut.

Kemudian setelah dibersihkan, keringkan sofa Anda dengan menggunakan hair dryer dan pastikan semua sisi kering secara sempurna, jika tidak, akan menimbulkan bau tidak sedap. Untuk perawatan harian, Anda juga dapat langsung membersihkan noda jika sofa terkena noda, jangan tunggu lama agar noda tidak menempel terlalu lama dan sulit dibersihkan. Bersihkan debu menggunakan sapu lidi ataupun vacum cleaner ukuran kecil, agar sofa terbebas dari debu dan bakteri yang dapat menyebabkan alergi pada kulit dan gangguan pernafasan. Namun apablia Anda tidak memiliki waktu untuk membersihkan sofa, Anda dapat memanggil jasa  pembersih sofa agar dapat menghemat waktu.

Sofa Kulit

Berbeda dengan sofa kain, membersihkan sofa berbahan kulit lebih mudah karena nodanya tidak akan meresap ke dalam kulit sofa. Untuk membersihkan sebuah noda atau tumpahan minuman di atas sofa kulit, Anda juga dapat menggunakan tisu basah.

Memang membersihkan jenis sofa ini sangatlah mudah, namun sofa kulit memiliki sebuah kekurangan, yaitu lama kelamaan kulit yang membungkus sofa tersebut mengalami keretakan dan akhirnya tampilannya tidak sebagus dahulu. Untuk menyiasatinya, Anda dapat mengganti kulit sofanya saja, tanpa mengganti seluruh sofanya.

Menghilangkan Bau tidak Sedap

Pada umumnya memang, produk pembersih sofa kain ataupun kulit, efektif untuk menghilangkan noda. Akan tetapi, jika Anda memiliki sofa yang sudah cukup lama, terkadang muncul bau-bau tidak sedap. Hal ini terjadi dapat dikarenakan keadaan sofa yang lembab atau hal lain. Untuk itu, kami sajikan juga ulasan mengenai cara menghilangkan bau tidak sedap itu, berikut ini.

  1. Langkah pertama yang Anda harus lakukan taburkan bubuk soda kue pada permukaan sofa lama Anda pada malam hari. Kemudian biarkan selama semalaman agar bau-bau yang tidak sedap itu diserap oleh soda kue tersebut.
  2. Kemudian pada pagi hari, gunakan penyedot debu untuk membersihkan serbuk soda kue yang ada di sofa hingga bersih tidak tertinggal. Cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan bau tidak sedap, karena soda kue cukup efektif untuk menghilangkan bau menyengat. Anda juga bisa menggunakan soda kue ini pada sudut-sudut rumah dan tempat-tempat lembab yang menyengat.
  3. Ataupun Anda juga dapat menggunakan cara tradisional, yakni dengan meletakkan sofa Anda di luar ruangan, agar terkena sinar matahari dan menghilangkan kelembaban.

Setelah mengetahui cara-cara untuk membersihkan sofa kain dan kulit, lantas berapa lama sofa sebaiknya diganti dengan yang baru? Sebaiknya Anda tidak terburu-buru dalam mengganti sofa, berikut ada cara service sofa untuk membuat sofa lama Anda seperti terlihat baru kembali.

Slipcover

Slipcover adalah teknik membungkus sofa lama dengan kain baru tanpa harus mengganti kain lama pada sofa tersebut. Cara ini dapat Anda aplikasikan karena dapat menghemat biaya.

Recover

Teknik recover adalah teknik melapisi ulang sofa lama dengan bahan upholstery baru yang sifatnya permanen. Teknik ini memang terksesan lebih elegan dibanding teknik slipcover. Namun Anda harus menggeluarkan dana yang lebih banyak.

Refinish

Teknik ini adalah memberikan finishing atau sentuhan akhir ulang pada funitur kayu yang sudah lama, dalam hal ini sofa dengan kayu. Tujuannya adalah untuk mendapatkan kesan baru pada funitur tersebut. Dengan teknik ini, Anda akan merasakan furniture lama akan terlihat seperti baru kembali.

Redesign

Teknik ini lebih rumit lagi, karena dilakukan dengan cara memberikan sedikit perubahan desain pada sofa, misalnya menambah ukuran pada meja atau busa pada sofanya. Penambahan ini akan membuat bentuknya berbeda dari sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *